Kegiatan Promosi Madrasah : Olahraga Panahan sebagai kegiatan yang diminati

PAYAKUMBUH – Olahraga panahan saat ini lagi trend di kalangan anak muda dan anak-anak. Ada keasyikan tersendiri dengan menarik busur dan melepaskannya ke sasaran. Agar bidikan tepat sasaran dibutuhkan konsentrasi dan fokus. Berbagai motivasi orang untuk menekuni olahraga panahan, ada yang ingin jadi atlet dan ada juga hanya sekedar hobi untuk mengisi waktu luang.

Bila ditelusuri lebih jauh olahraga panahan ini sangat bermanfaat bila ditekuni. Terutama sekali bagi kalangan usia dini. Olahraga panahan ini juga bisa meredam kecanduan bermain gadget yang saat ini marak di kalangan usia muda. Dengan bermain panahan di alam terbuka bersama keluarga dan teman-teman akan menciptakan kebersamaan sekaligus kegembiraan sosial.

MTs Syekh Ibrahim Harun sangat menyambut baik antusiasisme para siswa yang saat ini mulai menggemari olahraga panahan. Menyikapi hal ini pada moment kegiatan Gebyar Kreasi MTs Syekh Ibrahim Harun yang baru saja dilaksanakan digelar satu sesi pengenalan olahraga panahan bagi anak-anak. Ternyata di kegiatan ini banyak yang tertarik untuk mencobanya.

Menanggapi hal itu, salah satu guru olahraga PJOK MTs Syekh Ibrahim Harun, Junaidi Riko Putra menjelaskan sisi positif dari olahraga panahan,” Lewat panahan ini, anak-anak bisa diajarkan tentang  kesabaran, meningkatkan konsentrasi, kepercayaan diri dan keberanian bagi yang ingin jadi atlet pun terbuka peluang untuk menapaki jalur prestasi melalui perlombaan mulai dari tingkat intra sekolah hingga internasional.”

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Sekolah MTs Syekh Ibrahim Harun, Dasrul Fauzi, S. Ag. dengan mengatakan,” Olahraga ini juga dikenal dapat melatih fokus siapapun. Apalagi dalam panahan  selalu ada target yang harus dibidik. Dari sinilah secara langsung melatih seseorang untuk membangun fokus dan konsentrasinya.”

Junaidi menjelaskan, panahan juga dapat menimbulkan keberanian. Kondisi ini terlihat saat seseorang menganalisis arah angin hingga melepaskan anak panah. “Dia harus berani mengambil keputusan yang terbaik untuk dirinya,” ujar Junaidi.

Septika Hasyani, S. PdI, guru Bimbingan Konseling menyampaikan secara psikologis olahraga panahan ini dapat melatih keseimbangan antara aspek kognitif, emosional dan psikomotorik, penggabungan tiga aspek ini bila terlatih secara profesional dan intensif maka akan melahirkan sebuah karakter penyabar, ketenangan, fokus, disiplin dan sportifitas.

Melihat sisi manfaat dari olahraga panahan ini di kalangan anak-anak maka MTs Syekh Ibrahim Harun berencana mengadakan kegiatan eskul panahan yang nantinya menjadi wadah bagi para pelajar untuk mendalami olahraga panahan secara reguler.

Selain itu dalam rangka Promosi sekolah, MTs Syekh Ibrahim Harun juga memasukan olah raga panahan sebagai kegiatan promosi yang diadakan secara lansung di SD / MI yang jadi target promosi. (Z)

%d blogger menyukai ini: